Laman

Kamis, 11 Maret 2010

CINTA TANAH AIR BANGSA INDONESIA

Aku Berdiri di hadapan tanah Air untuk mencintai apa pentingnya berbangsa dan bernegara demi tercapainya tanah air yang merdeka,berbangsa satu bangsa Indonesia,Berbahasa satu Bahasa Indonesia.Sebagai bangsa Indonesia,Sejak kemerdekaan bangsa Indonesia merdeka bangsa Indonesia bebas dari penjajahan, sikap arnakis yang mementingkan diri sendiri tanpa memandang apa pentingnya kebudayaan Indonesia sebagai bangsa indonesia, mereka Cuma melihat penderitaan orang tanpa memandang disekitarnya,mereka tidak tahu apa pentingnya tanah air itu bagi bangsa Negara Indonesia.Sejak kemerdekaan Indonesia merdeka menjadi satu bangsa berdiri sendiri menjadi Negara kesatuan Indonesia.
Salah satu bentuk contoh cinta tanah air adalah mempunyai idealisme cinta tanah air dan bangsa, kalau tidak, mungkin saat ini kita bangsa Indoneia masih dijajah oleh Belanda yang luas negaranya dibandingkan pulau Bali saja masih luasan pulau Bali. Kita harus sangat terimakasih kepada para tokoh yang mencentuskan pembentukan organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, para pencetus Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, dan para tokoh yang memungkinkan terjadinya proklamasi 17 Agustus 1945. Saya sangat yakin mereka adalah contoh paling cocok untuk dijadikan tokoh-tokoh nasionalis tulen yang cintanya pada tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada diri sendiri yang kita harus hormati sepanjang masa. Bagaimana dengan saat ini, masih adakah diantara kita yang mencintai tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada diri sendiri? Atau pertanyaan ini pertanyaan yang cukup bodoh untuk diajukan? Siapa yang masih perlu mecintai tanah air dan bangsa Indonesia? Yang penting asal kita bisa hidup cukup sandang, pangan dan papan
Pada hakekatnya cinta tanah air dan bangsa adalah kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin berbuat sesuatu yang mengharumkan nama tanah air dan bangsa. Pada keadaan yang sanagt kurang mendukung, saat ini apa yang bisa dibanggakan dari negara dan bangsa Indonesia? Generasi sekarang. pada masa penjajahan berhasil membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa yang pada akhirnya berhasil memerdekakan bangsa Indonesia. Kalau saja rasa cinta tanah air dan bangsa sekali lagi bisa menjadi faktor yang memotivasi bangsa Indonesia, ada kemungkinan bangsa Indonesia akan bisa bangkit kembali dengan masyarakatnya bisa menghasilkan karya-karya yang membanggakan kita sebagai bangsa. Walaupun bagaimana, Indonesia ini adalah tanah air dan bangsa kita sendiri yang kita wajib untuk mencintainya dengan segala kekurangannya.
Tanah Air adalah sebuah proyek yang ditempuh bersama-sama. Sebuah kemungkinan yang menyingsing, sebuah cita-cita yang digayuh dan diraih dari generasi demi generasi, sebuah impian yang kita jalani dengan tungkai kaki yang kadang capek dan kesadaran yang kadang tanpa fokus. Bagi Goenawan, Tanah Air adalah sebuah ruang masa kini kita arungi karena ada harapan untuk kita semua kelak. Tanah Air adalah sebuah engagement. Kenangan, pengalaman, engagement: kata-kata itu semua menunjukkan bahwa ketika kita berpikir tentang Indonesia, kita tak hanya mengetahui dan menyimpulkan, tapi berdiri, dengan kegembiraan dan kesedihan, dengan waswas, dan berharap untuk memajukan tanah air bangsa Indonesia dengan cara memperjuangkan bangsa Indonesia Sendiri. Walaupun bagaimana, Indonesia ini adalah tanah air dan bangsa kita sendiri yang kita wajib untuk mencintainya dengan segala kekurangannya. Sungguh sayang apabila warisan NKRI yang sudah diwariskan kepada kita dengan banyak pengorbanan darah dan airmata dari para pejuang ini tidak kita cintai untuk dijadikan Negara dan Bangsa yang maju dengan masyarakatnya yang adil, makmur dan sejahtera seperti halnya negara-negara maju lainya seperti USA, Jepang, Singapore, dll Semoga pada suatu saat ada pemimpin setaraf Bung Karno dalam hal membangkitkan kecintaan kita pada tanah air dan bangsa, sehingga seluruh komponen bangsa dengan sungguh-sungguh mau bekerja demi kejayaan Indonesia . Sekian Cerita dari saya atas kesalahan yang saya buat dalam kata- kata mohon maaf sebesar- besarnya ,saya sadar atas segala kekurangna saya..Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar