Laman

Senin, 26 Maret 2012

KEKERASAN DALAM BERPACARAN ( MANUSIA DAN PENDERITAAN)


Seperti Video yang saya nonton disini , yang berjudul kekerasan dalam berpacaran.  Banyak kita tidak menyadari adanya kekerasan dalam pacaran. Istilah cinta itu  buta bnar – benar berperan didalamnya , ketika seseorang  sedang dimabuk cinta  ia akan menganggap bahwa  pacara adalah  segalanya . Banyak kita rela melakukan apapun demi pacar , bahkan sering juga diperlakukan kasar , ini merupakan persepsi yang salah dimana yang namanya cinta tidak ada unsure kekerasan  dalam berpacaran. Bukankah cinta itu  seharusnya lemah lembut , sabar, rendah hati, dan penuh kasih sayang.  Bentuk kekerasan dalam berpacaran bisa dibagi dalam tiga bentuk yakni :
·         Kekerasan fisik  misalnya memukul, menendang, menjabak rambut, mendorong, menampar, menonjok, mencekik, menganiaya bagian tubuh, menyudut dengan rokok atau memaksa  ke tempat yang membahayakan  keselamatan kita. Ketika kita diperlakukan seperti itu , jangan didiamkan saja.
·         Kekerasan Seksual bentuknya bisa berupa rabaan, ciuman, sentuhan yang tidak kita kehendaki, pelecehan seksual , paksaan untuk melakukan hubungan seks dengan beribu satu alasan tanpa persetujuan kita.
·         Kekerasan Emosional , berupa ancaman , tekanan, cacian, menjadikan kitKekerasan ekonomi ,  bahan olok – olok dan tertawaan , member julukan yang lebih sakit hati, cemburu berlebihan, melarang dan membatasi aktifitas, membatasi pergaulan, larangan bertegur sapa dengan orang lain dan pemerasan.
Bentuk kekerasan ini banyak terjadi , namun kita sering tak menyadarinya . untuk kita ketahui biasanya kekerasan emosional berdampak pada munculnya perasaan tertekan , tidak bebas dan tidak nyaman pada korbannya. Cara menghindari kekerasan yakni berani berkata tidak semua hal dapat terjadi jika kita membiarkannya, putuskan apa yang kita inginkan dan tidak kita inginkan , komunikasikan perasaan, pikiran dan keyakinak kita pada pacar.  Hargai Tubuh kita dengan keyakinan bahwa tubuh kita berharga , jangan biarkan apapun yang tidak kita kehendaki terjadi padanya. Ketika tubuh dimulai dieksploitasi untuk pertama kali maka aka nada yang kedua , ketiga dan mungkin tidak akan berhenti, tunjukkan pada pacar bahwa kita sangat menghargai tubuh kita , kalau dia benar – benar mencintai anda , dia pun akan belajar memahaminya. Tekankan makna pacaran bahwa pacaran merupakan keputusan sadar dengan penuh pertimbangan dan itikad baik antara dua pihak. Menjadi diri sendiri , belajarlah menjadi diri sendiri , selama sikap dan perbuatan kita positif , pertahankan. Mencari dukungan , karena kekerasan dalam pacaran juga dipengaruhi oleh aspek budaya untuk mengubahnya juga harus dilakukan bersama – sama, mencari dukungan kalau perlu buat komunitas antikekerasan. Ungkapkan dan kampayekan pikiran kita dan mencari teman yang sependapat.

Tujuan Pacaran adalah :
·         Bertumbuh bersama secara rohani
·         Bertumbuh dalam kesatuan jiwa/ pikiran
·         Bertumbuh bersama secara social
·         Menikamti kasih karunia Tuhan bersama
Mari kita membangun rasa kasih sayang anatar sesama kita dan menumbuhkan cinta kasih terhadap pasangan, saling pengertian , terbuka dan saling percaya sehingga dapat membina keharmonisan dalam berpasangan atau berpacaran.
http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/video.php?file_video=kekerasan-pacaran.flv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar