Laman

Jumat, 01 Juni 2012

FILSAFAT HIDUP SESEORANG (MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP )


Manusia adalah bagian dari pandangan hidup.Tidak ada seorangpun manusia yang tidak memiliki pandangan hidup.Apapun yang di katakan manusia adalah sebuah pandangan hidup karena di pengaruhi oleh pola pikir tertentu.Pandangan hidup bersifat elastis,tergantung kepada situasi dan kondisi serta di pengaruhi juga oleh lingkungan hidup dimana manusia berada. Pandangan hidup atau mungkin beberapa orang menyebutnya sebagai Prinsip hidup, menurut saya adalah ibarat sketsa untuk mengambar, tiang untuk mendirikan bangunan, dan draft postingan blog yang siap untuk dipublish. Pandangan hidup adalah dasar tentang proses menjalani kehidupan. Dikarenakan banyak anggapan bahwa pandangan hidup adalah faktor utama dan terbesar dalam pembentukan jati diri manusia, muncul anggapan bahwa pandangan hidup adalah satu-satunya jalan untuk sukses, muncullah pemahaman yang salah seperti terjadinya manusia yang idealisme dan fanatisme. manusia yang konservatif... padahal pandangan hidup hanyalah pondasi, arah pergerakan tetap tergantung pada individu. pandangan hidup itu bersifat elastis dan fleksibel.
Pandangan hidup merupakan sesuatu yang sulit dikatakan , sebab kadang – kadang pandangan hidup hanya merupakan suatu idealism belaka yang mengikuti kebiasaan berpikir didalam masyarakat. Pandangan hidup juga bisa diimplementasikan sebagai hasil – hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman , fakta dan sikap meyakini sesuatu yang diringkas sebagai pegangan, pedoman , petunjuk atau arahan.
Pandangan hidup sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat atau Negara. Segala perbuatan, sikap dan aturan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk , merupakan refleksi dari pandangan hidup yang telah dirumuskan Pandangan hidup sering disebut filsafat hidup. Filsafat hidup sendiri diarti konkritkan sebagai kecintaan atau kebenaran yang bisa dicapai oleh siapapun. Maka dari itu, , pandangan hidup dengan hakikat bisa dicapai oleh siapa pun itu, sangat diperlukan oleh tiap manusia. Pandangan hidup tiap orang bisa berbeda bisa juga sama . Dari situ terdapat pengklasifikasian tentang asal dari pandangan hidup tersebut sebagai berikut : Pandangan hidup berasal dari agama merupakan pandangan hidup yang mutlak kebenarannya, pandangan hidup ideology merupakan pandangan hidup yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma Negara tersebut, pandangan hidup hasil renungan merupakan pandangan hidup yang relative kebenanarannya. Pandangan hidup pada dasarnya memiliki unsur – unsur yaitu cita – cita , kebajikan, usaha keyakinan. Cita – cita merupakan sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Kebajikan dalam hal ini , adalah nilai yang menjadi patokan usaha yang harus ditempuh untuk menggapai cita – cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar