Laman

Kamis, 31 Mei 2012

KEINGINAN TERHADAP SESUATU HAL (MANUSIA DAN HARAPAN)


Harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan berubah kebaikan di waktu yang akan datang.  Pada umumnya harapan berbentuk abstrak tidak tampak namun diyakini bahkan terkadang dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu . Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa dan bekerja seperyi halnya yang dikatakan dalam Nasrani Ora Et Labora . 
Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat. Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya.
Seperti contoh dalam pengaplikasian hidup saya Harapan menurut saya merupakan salah satu keinginan yang dicapai yang ingin diwujudkan dan tercapai sama halnya dengan cita - cita. Seperti halnya harapan yang saya inginkan dari kecil sampai sekarang adalah ingin menjadi Polwan, tapi semuanya itu cuman mipi yang belum terwujud. Apa daya kita ingin sesuatu tapi harapan yang kita inginkan tidak tercapai . Banyak sekali harapan yang ingin diwujudkan , setelah Lulus ingin menjadi programer ataupun pegawai Bank itu adalah keinginan dan harapan yang ingin saya gapai setelah kuliah ini. Setiap kita mempunyai jalan yang berbeda seperti halnya Tuhan yang menentukan jalan hidup kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar