Laman

Jumat, 01 Oktober 2010

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

PENGERTIAN SISTEM

Sistem adalah Sekelompok elemen - elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan

ELEMEN SISTEM :
Tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunan dasar adalah :
  • Input
  • Transformasi
  • Output
  • Mekanisme
  • Kontrol dan
  • Tujuan
JENIS SISTEM :
  • Sistem Lingkaran Terbuka adalah Sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan.
  • Sistem Lingkaran Tertutup adalah Sistem yang disertai oleh adanya elemen mekanisme kontrol dan tujuan
Sifat Sistem :
  • Sistem Terbuka : sitem yang dihubungkan dengan lingkungan melalui arus sumberdaya
  • Sistem Tertutup: sistem yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya
EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOPUTER

Fokus Awal Pada Data
Pada awal abad ke 20 pemakain komputer terbatas hanya untuk aplikasi akuntansi dan digunakan nama EDP yang merupakan aplikasi sistem informasi yang paling dasar dalam setiap perusahaan. sekarang kita menggunakan istilah SIA untuk menggantikan EDP.

Fokus Baru pada Informasi
Konsep Penggunaan Komputer untuk mendukung sistem informasi manajemen mulai diperkenalkan pada tahun 1964 oleh para pembuat komputer .Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.

Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan
Sementara SIM terus berkembang dalam menghadapi kelemahan - kelemahannya, muncul pendekatan baru dengan nama DSS yaitu sitem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh Manajer.

Fokus Sekarang Pada Komunikasi :
Penerapan OA (Office Automation) untuk memudahkan Komunikasi dan peningkatan produktifitas diantara para manajer dan pekerja kantor lainnya melalui penggunaan alat - alat elektronik lainnya.

Fokus Potensial Pada Konsultasi
Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan Kecerdasan buatan AI bagi masalah - masalah bisnis. Ide dasar dari AI adalah bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran Logis yang sama seperti Manusia.

Komponen Sistem Informasi:
  • Goals dan Objectives
  • Input
  • Data Storage
  • Processor
  • Output
  • Instruction and Procedures
  • Users
  • Controls dan security Measures
Beberapa Tipe Sistem Informasi Yang lain:
  • MIS (Management Information System)
  • EIS ( Executive Information System)
  • DSS ( Decision Support System)
  • ES ( Expert Sytem)
  • EUS ( End User System)

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah Sistem yang digunakan memproses data dan Transaksi guna menyediakan informasi yang diperlukan oleh User untuk merencanakan, mengendalikan dan mengoperasikan Bisnis.
Untuk Menghasilkan Informasi, SIA harus melakukan :
  • Mengumpulkan Transaksi dan data lain dan memasukkan dalam SIA
  • Memproses Data
  • Menyimpan Data Untuk Masa yang akan Datang
  • Menyediakan Informasi yang diperlukan dengan menghasilkan laporan dan memungkinkan melakukan Query
  • Mengendalikan Proses, sehingga informasi yang dihasilkan akurat dan dapat dipercaya
ARTI PENTINGNYA SIA :
  • SIA menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan
  • SIA akan memenuhi kebutuhan Informasi
    -Internal : Management accounting
  • -Eksternal : Financial accounting
  • Informasi Akuntansi mempunyai 2 peran :
    -Untuk mengindentifikasikan situasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan -Mengurangi Ketidakpastian.
KARATERISTIK SIA:
  • SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
  • Berpegang pada prosedur yang relatif standar
  • Menangani Data yang Rinci
  • Berfokus historis
  • Menyediakan Informasi Pemecahan Minimal
TUJUAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
  • Untuk mendukung Operasi - operasi sehari - hari
  • Mendukung Pengambilan Keputusan Manajemen
  • Untuk Memenuhi Kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung jawaban
INFORMASI
Data (Bahan Baku Informasi) : Fakta yang dimasukkan, disimpan dan diproses oleh SIA
Informasi : Data yang terorganisasi, berarti dan berguna.
Sifat Informasi:
  • Eksternal : Mandatory dan Essential
  • Internal : Discretionary
Nilai ( Value) Informasi
  • Value = benefit - cost
  • Benefit : Ketidakpastian yang berkurang, Improved Decision, Perencanaan dan Penjadwalan yang semakin baik
Cost :
  • Mendapatkan Data
  • Memprose data
  • Menyimpan data
  • Melaporkan
Karateristik Informasi Yang Berguna:
  • Relevant (Relevan) : Menambah Pengetahuan atau nilai bagi pengambil keputusan dengan mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan untuk meramalkan atau mengkonfirmasi atau membetulkan harapan sebelumnya
  • Reliable ( Dapat Dipercaya) : Tidak ada kesalahan atau tidak bias dan akurat untuk suatu kejadian atau aktifitas organisasi
  • Complete ( Lengkap) : Tidak mengabaikan data penting
  • Timely ( Tepat Waktu) : Tersedia tepat waktu untuk pengambilan keputusan
  • Understandable ( Dapat Dimengerti) : Dalam bentuk yang dapat dimengerti
  • Verifiable ( Dapat dibuktikan kebenarannya) : menghasilkan informasi yang sama dari dua orang yang saling independen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar